Selasa, 17 Desember 2019

Berkenalan dengan Sholat

Hari ke-2 activity challenge nya binar..

Setelah mandi sehabis pulang kerja, seperti biasa emaknya Rachel sedikit berbenah sebelum main sama Rachel. Emak ngangkat jemuran dulu, terus ngelipetin, eh tetiba si bocil bilang, " Aku mau sholat dulu ya mama, sajadah aku dimana", sambil berjalan ke kamar untuk mengambil sajadah kecilnya. Keluar dari kamar dia bentangkan sajadahnya disampingku, kemudian mengambil sebuah buku di rak, "ini celitanya Al-Qur'an aku ya mama". Aku hanya mengangguk dan tersenyum. Anak kecil itu pun kemudian melakukan gerakan sholat, ya meskipun belum sempurna, hehe. Saat sholatnya sudah selesai, dia mengambil bukunya dan membolak-baliknya seperti sedang membaca. Lalu dia mencium bukunya dan diberikan padaku," Mama cium mama". Dia memperlakukan bukunya layaknya Al-Qur'an. "Aku lipet sendiri ya sajadahnya, mama kan lagi lipet jemulan", sajadah dilipat entah dengan gaya apa, kemudian diletakan kembali ke tempatnya.


Aku pun selesai dengan tugas ku dan kami main bersama. Memainkan permainan yang sudah kami siapkan di rak. Aku ga pernah mengajarkan secara khusus tentang sholat. Aku dan ayahnya Rachel sejauh ini hanya mencontohkan saja, kami berusaha sholat tepat waktu, sholat berjamaah dan tilawah sesudahnya. Dia melihat, kadang dia terlibat juga. Kami tidak memaksa, hanya kami lebih sering menawarkan, ade mau ikut sholat? ade mau wudhu? Atau ade mau ngaji?. Kadang dia mau, namun tak jarang dia menolaknya, kadang maj pakai mukenanya, kadang pun tidak, hihihi.
.
Ternyata aktivitas sehari-hari bisa dilakukan semenyenangkan itu dengan anak kecil, dia berfikirnya itu layaknya bermain, padahalkan itu sekaligus belajar ya.

#binaractivitychallenge
#binarmainseru
#bermainalabinar
#idebermainanak
#idemaindirumah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar