Selasa, 07 November 2017

Dilarang Mendahului


Patner : Mas Bro
Target : Jadi pendengar yang baik

Pagi ini membahas tentang MLM, karena kemarin teman yang datang sekalian prospek MLM yang  dia jalanin ke aku. Kita punya sudut pandang yang berbeda, saling berebutan kalau lagi menjelaskan. Mas Bro yang ga mau kalah, mengutarakan pendapatnya sendiri. Sedangkan aku, ga dikasih jeda kalau mau mengutarakan pendapatku. Akhirnya terbawa deh, jadi ikutan bicara saat dia bicara, terus dia diam. Saat aku berhenti bicara, dia menjelaskan lagi pendapatnya. Tapi saat itu aku  lagi sibuk pakain bajunya si bayi yang aktif banget. Dan mas bro pun protes,”tuh kan giliran aku ngomong aja ga didengerin”. Padahal dia sendiri kalau aku ngomong juga suka gam au kalah (kalau dia lagi semangat) atau malah aku dicuekin, dan mesti ngulang apa yang aku udah omongin. Hedehhh..

Sebenernya siy bukannya tidak mendengarkan, tapi mendengarkan hanya saja sibuk sendiri. Ternyata sikap kaya gini ga baik juga ya. Jadi bisa menimbulkan selisih paham. Padahal komunikasi itu seharusnya dua arah, ada pembicara dan ada pendengar. Jadi menurut aku dalam komunikasi produktif  itu bukan hanya belajar menjadi pembicara yang baik saja, tapi juga harus belajar menjadi pendengar yang baik juga.

Aku :
Aku masih suka ikut-ikutan dan ga sabar kalau lagi ngomong. Masih harus belajar menjadi pendengar yang baik. Harusnya selain “Budayakan membaca” mungkin aku juga harus “Budayakan Antri”  atau seperti yang sering ditulis di belakang truk kali ya “Dilarang Mendahului”.

#hari5
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar