Jumat, 03 November 2017

MarKiShol (Mari Kita Sholat)

Kali ini mau berkomprod (komunikasi produktif) sama adikku yang sudah kelas 7 tapi masih agak males sholatnya.

Patner : Anggi
Target : Sholat 5 waktu

Praktek komprod di mulai di malam sebelumnya. Saat azan maghrib, aku sudah memakai mukena ku, dan mencoba berkomprod sama anggi untuk menyuruhnya sholat. Ku tekan semua ego dan emosi yang sering keluar saat menyuruhnya, melembutkan suara dan memasang senyum. Kemudian keluarlah kalimat,”Nanti abis mandi Sholat ya kakak anggi”. 

Hasil :
Dia yang sedang beristirahat dan masih memakai seragam (Anggi sekolah siang) langsung mengaguk. Dan langsung ke kamar mandi. Selesai aku sholat, ku lihat Anggi sudah mandi dan bersiap sholat dengan mukena yang baru dia ambil di lemari. Begitu pun saat Isya, saat aku sudah berwudhu,”Jangan lupa sholat ya kakak Anggi”. Tak lama selesai dia makan dan main hp, langsung wudhu dan sholat Isya. Saat subuh pagi tadi, dia masih dibangunin untuk sholat dan tidur lagi sesudahnya. Tapi dzuhurnya, tanpa disuruh, dia langsung melaksanakan,”Aku sholat ya”. Kemudian sholat fardu selanjutnya dia kerjakan tanpa aku suruh lagi. Alhamdulillah semoga bisa seterusnya seperti itu.

Habis mandi langsung sholat

Aku:
Biasanya kalau menyuruh Anggi selalu pakai emosi, bahkan sering berkata kasar. Tapi ternyata saat aku ubah caraku semua berjalan mulus. Hari ini masih mencoba meminimkan emosi, kadang aku kalau menjawab pertanyaan orang lain masih suka semaunya, kemudian kalau orang tak mendengar jelas atau tak mengerti jawabanku, keluarlah jawaban selanjutnya dengan nada kesal. Haduhhh… ini yang tadi diprotes sama mas bro,”ih jawabannya ga enak”. Padahal jawabannya biasa, hanya saja intonasinya yang ga enak. Eh apa kabar mas bro? sepertinya aku ga dengar dia pamit hari ini tapi tadi aku tanya, dia bilang sudah pamit. Semoga benar ya.. Kemudian sama si bayi kecil kami, masih selalu dibisikan kata-kata positif.

#hari2
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar