Kamis, 30 November 2017

Tak Ku Gendong Kemana-mana

Tak terasa, sekarang sudah sampai pada materi ke dua yaitu Melatih Kemandirian Anak. Karena kemandirian itu penting dilatih sejak dini, agar kelak saat anak dewasa dia tidak bergantung pada orang lain dan bisa menentukan sikap dan keputusannya sendiri. Tapi anak ku masih tergolong bayi (0-12 bulan), sekarang usianya 10 bulan. Bisa ga ya dilatih? Dicoba aja deh.

Untuk latihan skill pertama yaitu makan tanpa digendong. Mungkin aku yang salah juga dalam hal ini, membiasakan menggendong si bayi saat makan dan berjalan keliling kampung hehe. Karena si bayi nafsu makannya yang naik turun, jadi tak apalah ku gendong asal dia mau makan, namun tetap ku batasi waktunya hanya 30 menit saja. Semoga bisa terbiasa jadi lebih baik ya de.

Sebenarnya sudah dari kemarin aku tak menggendongnya saat makan, tapi karena alasan hujan jadi ga bisa keluar rumah. Pagi ini ga hujan siy, hanya saja aku mau mencoba mempraktekkan targetku seminggu ini. Jadi alhasil sarapannya si bayi di dalam kamar saja, karena rumah kami tak ada ruang makan (masih numpang ortu). Bareng ayahnya yang juga lagi sarapan sambil nonton berita di kamar. Si bayi pun makan dengan lahapnya (seneng nyuapinnya kalau lagi begini).  Dengan tingkah polahnya, yang naik turun kasur, merangkak, berdiri, tiduran tapi tetep mau disuapi. Fiuh bayi yang aktif banget ini akhirnya menghabiskan satu porsi makannya. Alhamdulillah aku bahagia.

Mulai macet buka mulutnya

Saat makan siang, tak ku gendong juga. Kebetulan kantor deket dari rumah, jadi istirahat bisa pulang dan nyuapin si bayi. Saat aku makan siang, si bayi juga aku suapi, tentunya dengan piring yang berbeda. Mangkok si bayi yang berisi MPASInya , bergantian ku pegang dengan piring nasi ku. Awalnya lancar, sambil merangkak kesana kemari, namun tetap mau disuapi. Saat piring nasiku habis, tapi isi mankoknya belum habis, mulai deh agak susah buka mulutnya. Hmm.. cari akal, ku coba menaruh sendok di tangannya, lalu sambil ku ajari menyenduk makanan di mangkoknya dan memasukannya ke mulut. Yess berhasil, 1 suap, 2 suap dan mingkem lagi. Halah.. Time is out, sudah setengah jam, jadi ku sudahi saja makan siang kali ini. Meski tak habis seporsi, tak apalah, toh sudah lebih dari setengahnya. Langsung kubawa dia ke kamar mandi untuk cuci tangan dan mulutnya. Kemudian me-lap tangan dan mulutnya dengan tisu.

Semoga ini bisa menjadi kebiasaan baik yang menghasilkan kemandirian kelak ya de.

#haripertama
#Tantangan10hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar