Kamis, 21 Desember 2017

Aliran Rasa : Melatih Kemandirian Anak

Pada tugas kali ini aku memasang target yang lebih tinggi dari kemarin, yaitu melakukan dan membuat laporan secara 15 hari secara berturut-turut. Mood yang naik turun, ide yang mentok untuk dipraktekkan, praktek yang  gagal, emosi yang terselip, solusi yang salah. Hmm semua itu muncul dalam usahaku untuk mencapai target. Tapi niat dan tekad yang kuat akhirnya bisa membuat ku mencapai target tersebut.

Melatih kemandirian pada anak, bingung ya, karena anakku masih tergolong bayi, dan masih sangat sulit untuk diajak berkomunikasi, apalagi bekerjasama . Jadi aku hanya bisa merancang tema, isinya ya terserah anak mau melakukan apa. Ga jarang malah keluar dari garis tema yang ada.  Dalam prakteknya juga ga hanya aku berdua sama si bayi, tapi ada ayahnya si bayi, hmm kadang suka susah diajak kerjasamanya juga. Malah kadang suka bikin terbawa emosi. Jadi keinget terus deh sama materi sebelumnya, “Komunikasi Produktif”. Alhasil di tantangan kali ini, sambil melanjutkan tantangan materi sebelumnya deh. Semoga bisa lulus, dan menjadi kebiasaan yang baik buat keluarga kecil kami.

Hari bersamanya

Tapi setiap habis melakukan praktek-praktek bersama si bayi, kadang dari situlah aku banyak belajar, sedikit mengambil atau menyangkutpautkan dengan kehidupan bayi dan orang dewasa siy. Misal si bayi yang lagi belajar berjalan, dia ga akan berhenti karena terjatuh, malah akan bangun dan mencoba lagi. Pelajaran buat orang dewasa juga kan?! Kalau gagal jangan berhenti, tapi coba lagi, yakin saja suatu saat pasti berhasil.

#gamelevel2
#aliranrasa
#kelasbunsayiip
#melatihkemandirian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar